Total Tayangan Laman

Minggu, 10 April 2011

WERKUDORO, BIS TINGKAT PERTAMA DI SOLO

Bus tingkat wisata Werkudara yang beroperasi di Kota Solo, Jawa Tengah, menjadi bus tingkat pertama buatan Indonesia. Bus-bus tingkat sebelumnya yang pernah beroperasi di Indonesia merupakan buatan luar negeri. Berdasarkan hal itu, bus tingkat Werkudara diganjar dengan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri), Sabtu (9/4).

”Bus tingkat ini sebagai daya tarik baru bagi wisatawan, sekaligus memperkuat citra Solo sebagai kota wisata. Pemasarannya akan kami buat tersedia di banyak tempat sehingga mudah diakses masyarakat yang berminat,” kata Wali Kota Solo Joko Widodo.

Penyerahan penghargaan disampaikan Manajer Muri Sri Widawati kepada Pemerintah Kota Solo, Karoseri Tri Sakti Magelang, dan Termo Air Solo di depan gerbang utama Stadion Manahan, Solo. Nama Werkudara dipilih oleh Joko Widodo karena melihat bus tingkat berwarna merah ini cocok dengan sosok tokoh pewayangan Werkudara yang berperawakan tinggi besar. Bus tingkat Werkudara yang diluncurkan oleh Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono pada 20 Februari itu memiliki tinggi 4,5 meter dan lebar 2,5 meter. Bus ini dioperasikan sebagai bus wisata. Gambar Werkudara, satu dari lima tokoh Pandawa dalam dunia pewayangan, diterakan di samping bus disertai tulisan Werkudara bergaya aksara Jawa dan logo Solo ”Spirit of Java”.

Bus yang dibuat oleh Karoseri Tri Sakti Magelang ini dibeli dengan harga Rp 1,8 miliar. Dananya berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Solo. Pakar transportasi dari Universitas Katolik Soegijapranata Semarang, Djoko Setijowarno, mengatakan, jika belum bisa setiap hari, bus ini bisa dioperasikan pada Sabtu-Minggu










1 komentar: